Beberapa jenis file memiliki pembatasan dari sisi hukum kalau hendak dimainkan karenanya anda mesti meng-enable dukungan atas format-format ini setelah instalasi. Halaman ini akan menunjukkan pada anda jenis-jenis file yang paling populer ini.

Pernyataan dan Peringatan Hukum

Beberapa dari paket yang terdaftar di sini kemungkinan tidak sah di negara anda. Gunakan atas resiko anda sendiri.

Jika memungkinkan, mohon gunakan free format karena mereka didukung oleh Ubuntu.

Sebelum Anda Mulai

Hampir semua aplikasi dan paket yang disebutkan dalam halaman ini berada dalam repositories universe dan multiverse. Lihatlah AddingRepositoriesHowto untuk petunjuk meng-enable repositories universe dan multiverse.

Beberapa paket tambahan berada dalam repositories yang tidak dikendalikan oleh Ubuntu. Mohon jangan mengirimkan bugs tentang paket-paket tadi.

Sebagai tambahan, anda mesti memiliki hak administrasi untuk meng-install paket. RootSudo menjelaskan cara Ubuntu menyediakan hak yang diperlukan.

Memainkan Media yang Tidak-Bebas

Media Players yang disediakan oleh Ubuntu

Ubuntu mendukung Totem (movie player) dan Rhythmbox (music player); Kubuntu memasukkan Kaffeine dan Amarok. Aplikasi-aplikasi ini memainkan format bebas (ogg vorbis, ogg theora, dan sejenisnya) secara langsung. Namun, mereka juga dapat memainkan sebagian besar format media yang tidak-bebas jika anda meng-install beberapa paket tambahan.

Jika anda tinggal di suatu negara di mana sah untuk memainkan MP3 dan format media tidak-bebas lainnya tanpa suatu lisensi, enable repositories universe dan multiverse, dan install paket pendukung dengan mengetikkan di terminal:

 sudo apt-get install gstreamer0.8-plugins gstreamer0.8-plugins-multiverse gstreamer0.8-ffmpeg

Movie Player Lainnya

MultimediaApplications menjelaskan media player paling populer yang tersedia dalam Ubuntu, termasuk yang di atas.

Movie players populer lainnya termasuk VLC, mplayer, Xine-ui dan Totem-xine (versi dari totem yang punya kemampuan lebih). vlc memainkan sebagian besar format movie tidak-bebas secara langsung. Memainkan movies tidak-bebas dalam mplayer, xine-ui dan totem-xine memerlukan sebuah paket yang tidak tersedia dalam repositories Ubuntu, yaitu w32codecs. (Sayangnya, secara umum w32codecs tidak berguna dalam versi Ubuntu untuk PPC atau AMD64.)

Codecs

"Codecs" mendukung untuk memainkan MPEG-1, -2 & -4, DivX, Quicktime, Real Media 8 & 9, Windows Media Video 9 dan banyak format lainnya.

Jika anda tinggal di negara di mana sah untuk menggunakan codecs tersebut, gunakan web browser anda untuk men-download file tersebut w32codecs_20050412-0.0_i386.deb ke Desktop anda, dan, di terminal, ketikkan:

cd ~/Desktop
sudo dpkg -i w32codecs_20050412-0.0_i386.deb

Memainkan DVD

Sebagian besar DVD komersial dienkripsi dengan CSS (Content Scrambling System). Movie players yang tersedia dalam Ubuntu mempunyai kemampuan untuk membaca DVD yang tidak dienkripsi. Jika sah untuk anda untuk memotong CSS, maka anda dapat meng-enable pembacaan DVD yang terenkripsi dalam vlc, mplayer, xine dan totem-xine dengan meng-install libdvdcss2. Ketikkan di terminal:

sudo apt-get install libdvdread3
sudo /usr/share/doc/libdvdread3/examples/install-css.sh

Lihatlah LibdvdcssInstallationMethods untuk cara lain meng-install libdvdcss.

Masalah tentang DVD

DVD Lockup

Jika movie player anda terkunci ketika mencoba mengakses sebuah DVD, anda mesti menempatkan sebuah movie DVD dalam drive DVD anda, lalu lakukan yang berikut ini:

sudo apt-get install regionset
regionset

Pilihan lainnya, anda dapat melakukan hal ini tanpa sebuah DVD dalam drive anda jika anda mengetahui angka region anda. Hati-hati, software tersebut menyatakan bahwa anda hanya dapat mengubah region sebanyak 4 kali, sehingga efek dari prosedur ini tidak dapat diubah kembali dan kemungkinan dapat menyebabkan drive anda tidak dapat membaca DVD yang di-encode untuk region tertentu secara permanen.

Playback yang terputus-putus

Jika playback DVD terputus-putus atau anda melihat transfer data optik (yaitu burning sebuah CD/DVD) lebih lambat dari seharusnya, maka anda perlu meng-enable DMA transfer untuk drive itu. Lihatlah halaman DMA untuk lebih detilnya.

RealPlayer

Untuk meng-install RealPlayer 10, gunakan browser anda untuk men-download paket package realplayer_10.0.6-0.0_i386.deb ke Desktop anda, dan install (bersama dengan paket pendukung yang dibutuhkan oleh RealPlayer) dengan mengetikkan di terminal:

cd ~/Desktop
sudo apt-get install libstdc++5
sudo dpkg -i realplayer_10.0.6-0.0_i386.deb

Lihatlah RealplayerInstallationMethods untuk cara lain meng-install RealPlayer.

Sebagian besar format media tidak-bebas dari Real dapat juga dimainkan oleh mplayer, xine, dan totem-xine kala w32codecs di-install.

Smil

Gunakan File Manager untuk menuju ke sebuah folder yang berisi suatu file Smil. Klik file tersebut dengan tombol mouse kanan, pilih Properties, dan kemudian tab Open With. Klik radio button di samping RealPlayer 10, dan tutup jendela dialog tersebut.

RealMedia

Jika anda menginginkan agar RealPlayer menjadi aplikasi default untuk membuka file RealMedia, gunakan File Manager untuk menuju ke folder yang berisi suatu file RealMedia. Klik file tersebut dengan tombol mouse kanan, pilih Properties, dan kemudian tab Open With. Klik radio button di samping RealPlayer 10, dan tutup jendela dialog tersebut.

Macromedia Flash

Macromedia's Flash Player hanya tersedia untuk mesin berbasis i386, sedangkan Shock Wave tidak tersedia sama sekali. Terdapat proyek-proyek yang mencoba untuk menyediakan dukungan yang bebas untuk Flash, dan saat ini mereka adalah satu-satunya jalan untuk mendapatkan dukungan Flash untuk distribusi PPC dan AMD64 dari Ubuntu.

Flash dapat mempunyai beberapa masalah, maka jika anda memiliki masalah (dan penyelesaiannya), bacalah Flash Issues di bagian bawah.

Flash untuk i386

Untuk menambahkan dukungan Flash Player untuk konqueror, mozilla, firefox, epiphany dan browser lainnya, enable the multiverse repository dan, di terminal, ketikkan:

untuk Ubuntu 5.04 (Hoary)

sudo apt-get install flashplugin-nonfree

untuk Ubuntu 5.10 (Breezy)

sudo apt-get install flashplayer-mozilla

Lihatlah FlashPlayerInstallationMethods untuk cara lain meng-enable Flash.

Flash untuk AMD64 dan PPC

"Bagi yang menggunakan prosesor 64-bit (atau Mac) tidak tersedia implementasi flash non-free karena pihak pembuatnya tidak mendukungnya. Namun, terdapat dua implementasi bebas. Yang satu adalah gplflash dan yang lainnya adalah swfdec. Terdapat juga gplflash2 yang sedang dalam pengembangan yang bertujuan untuk menjadi pengganti, yang open source, bebas dan benar untuk semua platform. Meskipun anda dapat meng-install mereka menggunakan apt-get, mereka cenderung tidak bekerja dengan sangat baik dan tidak stabil, maka pilihan tadi tidaklah bagus. Lebih baik meng-install satu dari mereka (saya menyarankan gplflash) secara manual." Jika anda bersikukuh, pilihan lainnya adalah meng-install i386 ubuntu dalam DebootstrapChroot dan jalankan browser anda dengan plugin flash dari sana.

gplflash dari Ubuntu

Untuk meng-install gplflash, enable repositories universe dan, di terminal, ketikkan:

sudo apt-get install libflash-mozplugin

melakukan kompilasi gplflash

Karena gplflash di Ubuntu dapat menjadi tidak stabil, cara yang lebih baik adalah dengan melakukan kompilasi dari source. Untuk melakukan hal ini, pertama install beberapa paket pendukung yang diperlukan dengan mengetikkan:

sudo apt-get install libx11-dev xlibs-dev libmad0-dev libjpeg-dev checkinstall

Lalu, dapatkan source gplflash dan kompilasi serta install dengan mengetikkan :

wget -c http://mirror.optusnet.com.au/sourceforge/g/gp/gplflash/gplflash-0.4.13.tar.bz2
tar xvjf gplflash-0.4.13.tar.bz2
cd gplflash-0.4.13
./configure --with-plugin-dir=/usr/lib/mozilla/plugins/
make
sudo checkinstall

Setelah anda restart web browser anda, anda semestinya telah memiliki plugin flash yang dapat bekerja dengan stabil.

Masalah Flash

Sound

Gejala

* Video Flash berhenti setelah 1 detik.

* Firefox berhenti bereaksi ketika menuju ke halaman lain setelah mencoba menampilkan sebuah video flash.

* Proses firefox tidak berhenti dengan benar setelah mencoba menampilkan suatu video flash.

Kemungkinan Perbaikan

Setelah Flash di-install, jika suaranya tidak bekerja dengan benar, atau anda mengalami satu dari gejala di atas, cobalah satu dari penyelesaian berikut:

Open:

gedit ~/.mozilla/firefox/rc

Tambahkan baris berikut:

FIREFOX_DSP="none"

Sebagai penyelesaian lain, jika yang di atas tidak menyelesaikan masalah tersebut: Ketikkan yang berikut ini di terminal:

sudo ln -s /usr/lib/libesd.so.0 /usr/lib/libesd.so.1

Video

Kemungkinan Perbaikan Video

Jika anda menggunakan video card Intel 855GM, pastikan anda men-set kedalaman warna X server ke 24 bits, jika tidak, anda mungkin mengalami crash pada Firefox.

Anda kemungkinan perlu meng-install paket gsfonts-x11 untuk flash untuk menampilkan fonts dengan benar.

AAC dan iTunes Music Store

AAC decoding

Format audio default yang digunakan oleh iTunes Apple dan iPod adalah AAC. Ini adalah variasi dari standar MPEG, dan yang demikian memiliki masalah patent. Namun, anda dapat mendengarkan file AAC di rhythmbox atau amarok dengan meng-install gstreamer0.8-faad. Anda akan memerlukannya untuk mendengarkan setiap file AAC, termasuk yang dibeli dari iTunes Music Store (lihat di bagian bawah untuk keterangan lebih lanjut tentang menggunakan music store tersebut di Linux). Peringatan: lagu-lagu yang dibeli dari iTunes music store (.m4p) adalah terenkripsi dan tidak akan langsung dapat dimainkan menggunakan gstreamer0.8-faad. Anda mesti mendekripsinya terlebih dulu.

AAC encoding:

FAAC dapat digunakan untuk melakukan encode AAC, walaupun hal ini termasuk experimental dibandingkan dengan encoding MP3 pada saat ini. Untuk program encoding yang menggunakan gstreamer, terdapat suatu plugin gstreamer yang disebut gstreamer0.8-faac. Namun, saat ini masih bermasalah, dan tidak menghasilkan file AAC yang dapat digunakan, walau hal ini mungkin berubah di masa mendatang.

Untuk program lainnya, anda mungkin dapat memanfaatkan FAAC secara langsung untuk melakukan encode ke AAC - install saja paket "faac". Anda dapat membuat AAC yang kompatibel dengan iPod dengan cara ini, namun hal ini memerlukan beberapa konfigurasi tambahan dalam CD ripping utility anda.

iTunes Music Store

Apple's iTunes Music Store menjual music online dengan pilihan artis yang banyak. Lagu-lagunya dalam format 128K AAC, dan harganya bermacam-macam tergantung negara. Apple hanya memiliki client Mac dan Windows, namun ia juga dapat digunakan di Linux. Terdapat dua cara berbeda yang dapat dilakukan.

Yang pertama, anda dapat menggunakan CodeWeavers CrossOver Office (tersedia di http://www.codeweavers.com) untuk meng-install versi Windows dari iTunes di Ubuntu. Ini akan memungkinkan anda untuk membeli lagu-lagu iTunes di Linux dan mendengarkannya. Namun, kekurangannya adalah 1) membutuhkan biaya 2) bukan merupakan penyelesaian yang asli Linux.

Sebagai pilihan lain dari menggunakan CrossOver, terdapat sebuah program bebas yang baru, yang disebut PyMusique yang memungkinkan penggunaan dasar dari iTunes Music Store di Linux. Ini bekerja lebih baik daripada menggunakan iTunes di CrossOver, namun PyMusique memiliki features lebih sedikit dibandingkan client iTunes yang resmi pada saat ini dan mungkin melanggar persyaratan layanan iTunes Music Store. Untuk menggunakannya di Ubuntu, pertama install gstreamer0.8-faad dan libmcrypt4. Lalu, pergi ke http://fuware.nanocrew.net/pymusique/ atau suatu mirror (google "pymusique 0.4" untuk mirrors) dan download paket pymusique, python2.4-mcrypt, python2.4-vlc, dan python2.4-mp4ff. Terakhir, install semua paket yang telah anda downloadall dari situs web di atas. Anda sekarang dapat menjalankan PyMusique dari menu Applications-Internet, dan membeli lagu-lagu (walaupun anda mungkin mesti melakukan restart sistem anda agar hal ini dapat bekerja).

PyMusique telah diganti oleh SharpMusique, tersedia dari http://www.nanocrew.net/software/sharpmusique/. Ia tersedia dalam format .deb untuk Breezy Badger dan memungkinkan anda untuk melakukan preview lagu-lagu, mendaftar suatu account, membeli lagu-lagu dan album, men-download kembali lagu yang anda beli, dan lain-lain.

Mendapatkan Java

Untuk Ubuntu 5.10 (breezy), cara termudah adalah menggunakan installer Blackdown Java 1.4 dari Multiverse. Untuk meng-install Java dengan installer tersebut, lakukan saja:

sudo apt-get install j2re1.4

Ubuntu PPC, silakan lihat: JavaPPC. Ubuntu AMD64, silakan lihat: JavaAMD64.

Sun Java

Cara lain yang dapat membuat anda memiliki versi terakhir dari Sun dan juga bekerja lebih baik bagi sebagian besar aplikasi adalah dengan meng-install versi Java Sun. Implementasi Java dan plugin Java untuk browser dari Sun juga tidak-bebas. Free Java sedang aktif dikembangkan dan akan menjadi pilihat yang lebih disukai di masa mendatang juga sebagai plugin browser (saat ini ia digunakan dalam beberapat program seperti OpenOffice.org). Sementara itu, jika anda memerlukan dukungan Java anda mesti meng-install Java Sun, dengan anggapan mereka kebetulan mendukung platform anda.

Pergilah ke http://java.sun.com/j2se/1.5.0/download.jsp dan klik “Download JRE 5.0 Update 6”. Pastikan anda tidak memilih link dengan NetBeans bundle atau "J2EE 1.4".

Pertama anda mesti menerima lisensinya, lalu klik “Linux self-extracting file” (jre-1_5_0_06-linux-i586.bin). Simpan file ini ke hard drive anda.

Buatlah file yang di-download menjadi executable. Pada baris perintah, berpindahlah ke direktori di mana anda men-download file tersebut, dan ketikkan

chmod +x jre-1_5_0_06-linux-i586.bin

Install java-package dan java-common, demikian juga fakeroot (yang memungkinkan seorang non-root user untuk membuat paket yang dihasilkan dari file bin Sun):

sudo apt-get install fakeroot java-package java-common

Jika anda mendapatkan suatu error ketika meng-install java-package, anda perlu meng-enable repositories multiverse (lihatlah AddingRepositoriesHowto).

Untuk meng-install JRE, ketikkan baris-baris di bawah ini:

fakeroot make-jpkg jre-1_5_0_06-linux-i586.bin
sudo dpkg -i sun-j2re1.5_1.5.0+update06_i386.deb

Jika anda mendapatkan suatu error serupa dengan yang ini:

Loading plugins: blackdown-j2re.sh blackdown-j2sdk.sh common.sh ibm-j2re.sh ibm-j2sdk.sh j2re.sh j2sdk.sh j2se.sh sun-j2re.sh sun-j2sdk.sh

No matching plugin was found.

Cobalah

DEB_BUILD_GNU_TYPE=i386-linux fakeroot make-jpkg jre-1_5_0_03-linux-i586.bin

atau perintah yang serupa jika anda tidak menggunakan arsitektur i386.

make-jpkg mengubah file bin Sun menjadi sebuah paket debian. Lalu dpkg untuk meng-installs paket itu.

Sun Java SDK (Software Development Kit)

Prosedur yang sama juga dapat digunakan untuk meng-install Java SDK SUN dibanding runtime environment (JRE) saja. Pilih saja "Download JDK 5.0 Update 6" saat men-download paket dari Sun, dan ganti nama file tersebut dengan jdk-1_5_0_06-linux-i586.bin

Memilih versi Java default

Di Breezy, jika anda ingin menggunakan Java SUN bukannya GIJ open source anda perlu men-setnya sebagai default. Jalankan:

sudo update-alternatives --config java

dan pilihlah kesukaan anda dari daftar tersebut.

Java di Mozilla Firefox

Meng-install Java tanpa mengikuti langkah-langkah sebelumnya tidak akan membuat Firefox tahu akan kehadirannya. Jika anda cuma menjalankan file .bin yang anda download tersebut, anda akan perlu memberi tahu Firefox atau Mozilla tempat untuk menemukan library plugin tersebut:

Jika anda tidak memiliki suatu direktori .mozilla/plugins dalam direktori home anda, buatlah satu.

mkdir -p /home/username/.mozilla/plugins

Lalu

cd /home/username/.mozilla/plugins
ln -s /usr/lib/j2re1.5-sun/plugin/i386/ns7/libjavaplugin_oji.so libjavaplugin_oji.so
sudo ln -s /usr/lib/j2re1.5-sun/plugin/i386/ns7/libjavaplugin_oji.so /usr/lib/mozilla-firefox/plugins/

Anda dapat melewati langkah-langkah ini jika anda menggunakan perintah make-jpkg tersebut.

Jika anda telah men-download lebih dari satu, anda perlu mengubah perintah tersebut menjadi lebih spesifik.

Java di komputer amd64

Sayangnya, Java SUN untuk PC 64-bit belum bekerja dengan sangat baik, namun versi Blackdown dari Java tersebut dapat bekerja dan tersedia di repositories multiverse Ubuntu 5.10 (Breezy Badger).

sudo apt-get install j2re1.4 j2re1.4-mozilla-plugin

Setelah itu restart Firefox dan anda semestinya memiliki plugin Java yang sudah dapat bekerja.


IndonesianRestrictedFormats (last edited 2009-04-30 01:10:17 by fooka)